Penutupan MQK, Pesantren Assalafie Babakan Deklarasi Hari Santri

Cirebon, NU Online
Usai pelaksanaan shalat isya, sekitar 1270 orang santri putra-putri Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon berkumpul di halaman madrasah Tsanawiyah dan Aliyah NU Assalafie pada Jumat (24/10) Mereka sedang melaksanakan malam peringatan tahun baru Islam 1436 H.

Selain pembacaan doa pergantian tahun dan marhabanan (pembacaan maulid), momentum itu juga merupakan prosesi penutupan kegiatan Musabaqoh Qiro’atul Kutub (MQK) se-wilayah III Cirebon. Musabaqoh ini diikuti oleh sekitar 150 orang peserta dari berbagai pesantren di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).

“Ada tiga marhalah yang dilombakan, yaitu ula, wushto dan ulya. Setiap marhalah mencakup tiga disipilin keilmuan fikih, nahwu dan tarikh,” ucap Ahmad Setiawan ketua panitia pelaksana.

Ahmad Setiawan menambahkan Musabaqoh Qiro’atul Kutub se-wilayah III Cirebon ini akan menjadi kegiatan rutin setiap memperingati tahun baru Hijriyah di pondok pesantren putra-putri Assalafie. “Responnya sangat luar biasa, santri di wilayah III Cirebon antusias untuk mengikuti jenis musabaqoh yang sudah semakin jarang diadakan di pesantren-pesantren,” lanjutnya.

Selain penutupan MQK, pada malam pergantian tahun baru kali ini, panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Pondok Pesantren Putra Putri Assalafie juga mengagendakan deklarasi Hari santri Nasional.

Panitia telah mengumpulkan petisi tanda tangan dari ribuan santri di Babakan Ciwaringin, dikumpulkan dalam beberapa baliho besar. “Alhamdulillah, terkumpul ribuan tanda tangan santri dan masyarakat, mendukung penetapan tanggal 1 Muharrom sebagai hari santri nasional”, jelas ustadz Asyrofi Al Barbasi kepala sebagai pondok.

Pada peringatan malam tahun baru Islam santri putra-putri tersebut dihadiri oleh dewan keluarga pondok pesantren Assalafie di antaranya KH Azka Hammam Syaerozi, Lc dan KH Yasif Maemun Syaerozi. Di samping itu, hadir juga perwakilan pengasuh dan pengurus dari pesantren se-wilayah III Cirebon yang mengikuti kegiatan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK).

Post Author: Nusa